Perbedaan Ilmu Pengasihan Dengan Ilmu Mahabbah

Jika kita berbicara tentang ilmu pengasihan, tentu beberapa kalangan akan membandingkan dengan ilmu mahabbah tentunya. Lantas, apakah yang membedakan kedua ilmu tersebut?, apakah dalam segi manfaat, pantangan atau cara mengamalkannya?.

Untuk itu, berikut ini adalah perbedaan ilmu pengasihan dan ilmu mahabbah yang ditulis secara lengkap dan jelas.

Ilmu Pengasihan

Perbedaan Ilmu Pengasihan Dengan Ilmu Mahabbah

Kita mulai dari arti kata terlebih dahulu. Pada ilmu pengasihan sudah jelas dikatakan bahwa ilmu tersebut adalah ilmu yang memiliki manfaat sebagai sarana pengasihan. Pengasihan ini sendiri bisa digunakan untuk berbagai masalah seperti asmara, jabatan, rezeki, dan kewibawaan.

Kemudian, ilmu mahabbah dari arti kata hampir sama yaitu ilmu untuk pengasihan. Karena mahabbah adalah bahasa arab yang berarti mengasihi, mencintai, dan mengagumi. Jadi, perbedaan yang pertama terletak dari sebutan atau istilah saja.

Perbedaan Cara Mengamalkan Ilmu

Didalam pengamalan ilmu pengasihan, cara mengamalkanya lebih condong menggunakan adat tradisi, jawa misalnya. Jadi, pengamal diwajibkan melakukan berbagai macam laku tirakat seperti puasa bertapa dan mandi kungkum.

Untuk Ilmu mahabbah relatif lebih mudah, karena memang ilmu ini berasal dari ajaran Hikmah para guru-guru. Jadi, cara pengamalanya lebih sering melakukan puasa dan wirid doa mahabbah cinta.

Perbedaan Pantangan

Dalam ilmu khas jawa yaitu pengasihan, lebih banyak memantang sesuatu. Misalkan dilarang pergi ke makam keramat, menyebrangi lautan atau mendatangi orang kelahiran tertentu. Mitosnya, ilmu tersebut akan hilang atau luntur.

Beda halnya dengan ilmu mahabbah. Ilmu ini tidak memiliki pantangan yang aneh-aneh, cukup menggunakan ilmu tersebut untuk kebaikan, maka akan memberi keberahan.

Perbedaan Efek yang ditimbulkan

Untuk ilmu mahabbah, efek yang ditimbulkan jauh lebih halus dan efeknya mampu bertahan selamanya. Contohnya untuk memikat hati lawan jenis.

Berbeda dengan pengasihan, efeknya cenderung keras dan memaksa. Namun untuk efeknya sendiri mudah sekali luntur atau hilang.

Baca Juga : Asal Usul Dan Sejarah Ilmu Mahabbah

Perbedaan Sumber Energi

Kedua ilmu tersebut pastilah mempunyai perbedaan dalam sumber energinya. Dalam beberapa ilmu pengasihan, sumber energinya berasal dari khodam, kemudian energi alami, dan energi ilahiyah.

Sementara itu, untuk ilmu mahabbah, energinya bersumber dari karomah doa yang diwiridkan. Insya Allah lebih di berkahi oleh Allah SWT.

Itulah beberapa perbedaan dari ilmu pengasihan dengan ilmu mahabbah. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa ilmu mahabbah jauh berbeda dengan pengasihan. Baik dari segi efek yang ditimbulkan, sumber energinya, cara mengamalkannya dan pantanganya.

Sekarang anda bisa menentukan ilmu mana yang cocok untuk Anda pelajari.

Mudah-mudahan apa yang saya jelaskan tentang perbedaan kedua ilmu tersebut bisa menjadi pengetahuan bagi Anda. Semoga bermanfaat wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.